KEGIATAN FORUM PENINGKATAN KUALITAS DEMOKRASI PADA ASPEK LEMBAGA DEMOKRASI DI PROVINSI BALI

Kegiatan Forum Peningkatan Kualitas Demokrasi pada Aspek Lembaga Demokrasi di Provinsi Bali dilaksanakan oleh Direktorat Politik Dalam Negeri, Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum pada hari Kamis 4 Juli 2019, bertempat di Ruang GMR Meeting Room Hotel Grand Mega Jalan By Pass Ngurah No.234 Kuta Badung.

Dalam Laporannya, Ketua Panitia dalam hal ini Kasubdit Fasilitasi Kelembagaan Partai Politik Bapak Drs. Syamsuddin menyampaikan Lembaga Demokrasi merupakan wadah Partai Politik sebagai instrumen penting dalam eforia Pemilu, dan bernegara. Kegiatan dengan tema peningkatan Kualitas Demokrasi pada Aspek Lembaga Demokrasi Terkait Sosialisasi Peraturan Perundang-undangan Bidang Partai Politik ini melibatkan peserta dari Kelompok Kerja (Pokja) Indeks Demokrasi Indonesia ( IDI ) Provinsi Bali, tokoh masyarakat, Partai Politik, Organisasi Kemasyarakatan, dan Aparatur Sipil Negara.

Kegiatan dibuka oleh Bapak Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri yang diwakili oleh Direktur Politik Dalam Negeri Bapak Drs. La Ode Ahmad P. Balombo, AP, M.Si. dalam sambutannya beliau mengucapkan puji syukur karena Pemilihan Umum yang baru saja kita lalui di Provinsi Bali dapat berjalan dengan baik, dengan keterlibatan mencapai lebih dari 81% Pemilih. Ini bisa dijadikan contoh yang baik bagi daerah lain, dimana harmoni sosial budaya masyarakat di Bali sangat baik, masyarakatnya menjaga kondisi yang kondusif baik selama Pemilu bahkan dalam kehidupan sehari-hari. Beliau juga menyampaikan Grand Design Peningkatan Demokrasi melalui :

  • Penguatan Partai Politik
  • Penguatan Kapasitas DPRD
  • Penguatan Aparatur Pemerintahan
  • Penguatan Peran Masyarakat

Panitia mengundang Nara Sumber sebagai berikut :

  1. Akademisi FISIP UI Prof. DR. Maswadi  Rauf,MA. Dengan membawakan materi Reformasi Politik dan Reformasi Partai Politik.
  2. DR. I Gede Agus Wibawa, A.P. M.Si. dengan membawakan materi Peran Lembaga Demokrasi Dalam Mewujudkan Citra Demokrasi di Indonesia.

Kegiatan yang dilaksanakan 1 hari ini bertujuan menjalin unsur pemerintah dan unsur birokrasi di Pemerintah Provinsi Bali untuk membangun citra demokrasi indonesia khususnya di Bali.